Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Alami Gangguan Teknis, Gubernur Sultra Pindah Pesawat

Kompas.com - 23/08/2013, 18:56 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com — Akibat gangguan pada sistem komputerisasi, pesawat Boeing 737-800NG milik Lion Air yang hendak terbang ke Jakarta, harus kembali ke apron (RTA-return to apron) meskipun sudah siap lepas landas dari Bandara Haluoleo, Kendari, Jumat (23/8/2013) sekitar pukul 10.45 Wita.

Pesawat dengan penerbangan JT729 ditumpangi oleh 180 orang dan tujuh awak pesawat. Ikut dalam penerbangan itu Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam dan Wakil Bupati Bombana Masyura Ila Ladamai.

“Saat mau take off di ujung Runway 08 Bandara Haluoleo tiba-tiba ada instrumen yang menyala di kokpit sehingga pilot memutuskan RTA. Pesawat kemudian kembali dan para penumpang diturunkan ke terminal,” terang Kepala Bandara Haluoleo Kendari, Usman Effendy, didampingi Station Manager PT Lion Air Kendari Budirianto di kantor Bandara Haluoleo Kendari, Jumat petang.

Teknisi pesawat, kata Usman, kemudian melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap instrumen pesawat tersebut selama 20 menit. Setelah peralatan berfungsi normal pesawat tersebut kembali terbang sekitar pukul 13. 02 Wita.

Diakui Budirianto, Gubernur Sultra dan rombongannya memilih pindah pesawat. “Ada juga yang minta pindah pesawat, seperti Gubernur Sultra dan Wakil Bupati Bombana. Ada sekitar lima orang penumpang yang pindah pesawat. Namun, penumpang yang lain tetap memilih terbang dengan pesawat Lion Air,” jelasnya.

Menurutnya, kejadian seperti ini juga pernah dialami oleh pesawat lain. Namun, pihak maskapai penerbangan tetap melanjutkan penerbangan setelah diperbaiki dan otoritas penerbangan mengizinkan terbang.

“Kejadian pada pesawat tadi tidak terlalu mengkhawatirkan, tetapi kami tidak ingin ada masalah saat penerbangan nanti. Makanya pilot memilih untuk RTA sambil mengecek dan memperbaiki pesawat tersebut,” tandasnya.

Meskipun sempat menunda keberangkatan penerbangan JT729, kejadian itu tidak berpengaruh pada jadwal penerbangan dari maskapai-maskapai lain di Bandara Haluoleo, Kendari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com