Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Resmi Dilantik Jadi Gubernur Jateng

Kompas.com - 23/08/2013, 10:04 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur terpilih Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Pelantikan dilakukan di lantai IV-V DPRD Provinsi Jawa Tengah Jumat (23/8/2013) pagi.

Rapat paripurna istimewa dibuka oleh Plt Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setiabudi. Acara pelantikan tersebut resmi dibuka mulai pukul 09.00.

Pada kesempatan itu, Rukma juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur sebelumnya Bibit Waluyo dan Wakil Gubernur Rustriningsih. Acara diawali pembacaan keputusan Presiden RI oleh Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Tengah Priyo Anggoro.

Kemudian dilanjutkan dengan sumpah jabatan yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Gamawan pula yang menyematkan tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan.

Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih juga melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Prosesi pelantikan dilakukan kurang lebih sekitar 45 menit.

Pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, fungsionaris PDI Perjuangan Puan Maharani dan seluruh anggota Komisi II DPR RI. Selain itu hadir juga hadir beberapa Gubernur, seperti Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang hadir berjumlah 85 orang dari 100 anggota. Mempertimbangkan waktu yang terbatas, penyampaian ucapan selamat hanya diberikan secara singkat, antara lain oleh Menteri Dalam Negeri beserta istri, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com