Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Gubernur dan Wakil Harus Jadi Satu Keping Mata Uang

Kompas.com - 22/08/2013, 19:55 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo mengaku tidak akan berbagi kerja dengan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, tetapi akan membagi penugasan-penugasan harian.

"Kami sudah bersepakat bahwa wakil akan bekerja ketika gubernur sedang tidak bisa melaksanakan tugas, atau kita berbagi saat saya di sini, Pak Heru di daerah, saya di daerah, Pak Heru di sini," ujarnya seusai mengikuti serangkaian geladi bersih pelantikan gubernur dan wakil gubernur di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (22/8/2013).

Ia mengatakan bahwa gubernur dan wakilnya harus menjadi satu keping mata uang yang sama. Hal itu tentunya sudah menjadi kesepakatan pada pemerintahan yang akan dipimpinnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko mengatakan akan menjalankan tugas sesuai dengan yang diberikan Gubernur. "Posisi saya itu membantu, semua memang sudah ditentukan undang-undang. Untuk pembagian tugas kan bisa fleksibel, saya ikuti beliau saja," ujarnya.

Ia mengatakan, Ganjar merupakan orang yang terbuka. Dalam menentukan kebijakan dan program, keduanya juga sering membahas bersama. Sebab itu, ia merasa tidak mempermasalahkan soal penugasan atau pembagian kerja.

Ia juga mengaku sangat mengerti dengan posisi sebagai wakil. Menurut dia, wakil berada pada satu tingkat di bawah gubernur sehingga wakil tidak bisa disejajarkan dengan gubernur. "Pak Ganjar orangnya sangat terbuka, segala sesuatu dibicarakan dengan rembukan (diskusi). Terkait leadership tentu beliau pemimpin tertinggi di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," tuturnya.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada Jumat (23/8/2013) esok. Sedikitnya 961 tamu undangan dari berbagai kalangan akan menghadiri acara tersebut. Selain itu, di luar gedung juga dipersiapkan tempat untuk masyarakat yang hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com