Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Pelajar Makan "Sop Saudara", Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 21/08/2013, 20:48 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis

PANGKEP, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 pelajar dari 13 SMU di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (21/8/2013) siang, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam festival makan Sop Saudara terbanyak. Festival yang digelar di Alun-alun Citra Mas Pangkep itu langsung dibuka oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

"Saya senang dengan Pemkab Pangkep yang berhasil memecahkan rekor Muri dalam ajang festival Sop Saudara," puji Syahrul di depan ribuan masyarakat Pangkep.

Syahrul manambahkan, Sop Saudara merupakan makanan yang kaya gizi karena di dalam campuran makanan khas Pangkep itu terdapat banyak rempah-rempah.

"Kalau kita berbicara politik, pemerintahan dan berbicara apa saja lebih nikmat sambil menikmati Sop Saudara yang hangat," sahut Syahrul.

Ketua Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (Apsos), Abdul Haris mengatakan, pembuatan Sop Saudara itu melibatkan 30 pengusaha Sop Saudara yang datang dari Kabupaten Pangkep, Maros dan Makassar. Sambung Haris, agar rasanya nikmat, bahan yang digunakan untuk mencampur potongan daging itu dibutuhkan rempah-rempah seperti merica, bawang, kentang, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Sementara, Bupati Pangkep Syamsuddin berharap makanan khas Pangkep tersebut segera dipatenkan agar tidak ada daerah lain yang ikut mengklaim. Manager Muri Sriwijayati memberikan dua piagam Muri kepada Ketua Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (Apsos) Abdul Haris dan Bupati Pangkep Syamsuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com