Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponpes Lirboyo Keluarkan Maklumat Dukung Karsa

Kompas.com - 19/08/2013, 15:16 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Pengasuh pondok pesantren Lirboyo dan beberapa pesantren lain di Kota Kediri, Jawa Timur mengeluarkan maklumat berisi dukungan atas pencalonan pasangan Karsa (Soekarwo-Saefullah Yusuf) sebagai calon Gubernur Jawa Timur 2013.

Dukungan tersebut ditandatangi oleh tiga orang pengasuh pesantren, yaitu KH. Idris Marzuki (pengasuh Pesantren Lirboyo), KH. Anwar Iskandar (pengasuh pesantren Al-Amin Ngasinan), serta KH. Abdullah Kafabihi Makhrus (pengasuh pesantren Lirboyo).

Maklumat itu disampaikan dalam bentuk tausiyah dan dibacakan di hadapan para peserta istigasah yang hadir dalam kegiatan apel akbar dan halal bihalal pendekar Pagar Nusa Jawa Timur di Aula Muktamar, pesantren Lirboyo, Senin (19/8/2013).

Acara itu juga dihadiri oleh Saefullah Yusuf. Maklumat yang ditujukan kepada santri dan alumni Lirboyo, dan bahkan masyarakat umum itu berisikan, larangan menjadi kelompok golput karena golput tidak mencerminkan sikap warga negara yg baik.

Lalu, dikeluarkan pula perintah pengawalan dan pengawasan saat pelaksanaan Pilgub agar terhindar dari perbuatan curang, memerintahkan menjaga stabilitas lingkungan masing-masing selama menjelang pelaksanaan pilgub maupun setelah pelaksanaan pilgub.

Terakhir, merapatkan dan memperkokoh barisan dalam memenangkan pasangan Karsa sebagai calon gubernur karena pasangan ini telah direstui dan didukung oleh kyai sepuh Jatim.

Panitia kemudian membagikan tausiyah itu dalam bentuk selebaran kepada para peserta. "Memilih Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur adalah hal yang tepat. Beliau ini adalah keturunan dari pendiri NU, meski beliau bukan seorang kyai,' kata KH. Anwar Iskandar dalam pidatonya.

"Saya tidak berkampanye," tandasnya.

Pemilihan Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada 29 Agustus 2013. Empat pasangan calon akan berebut suara demi kursi tertinggi pemerintah di Jatim itu. Mereka adalah Soekarwo Saefullah Yusuf, Eggi Sudjana-Sihat, Bambang DH-Said, Khofifah Indar Parawansa-Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com