Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

420 Polisi Amankan Lapas Labuhan Ruku

Kompas.com - 19/08/2013, 10:21 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

BATUBARA, KOMPAS.com - Sebanyak 420 personel kepolisian di jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara dikerahkan untuk mengamankan lokasi terbakarnya Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku yang berada di Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Jumlah personel ini, menurut Kepala Polres Batubara AKBP JP Sinaga, berasal dari Polres Asahan sebanyak 150 orang, Brimob Detasemen B Tebing Tinggi sebanyak 125 orang, Polres Batubara 100 orang dan sisanya dari Polres Tebing Tinggi.

"Personel kita tempatkan untuk melakukan pengamanan sejak rusuh hingga kebakaran terjadi," katanya.

Keberadaan seluruh personel tersebut baru akan dikurangi setelah proses evakuasi 500 napi dari 841 napi dalam Lapas Labuhan Ruku ke beberapa Lapas yang ada di Sumatera Utara. "Pengamanan akan terus kita lakukan sampai situasi kondusif. Kekuatan personel baru akan kita kurangi setelah para napi kita evakuasi ke beberapa lapas," katanya.

Selain kepolisian, personel TNI dari Kodim 02/08 Asahan dan dari satuan TNI lainnya juga dikerahkan dalam pengamanan Lapas.

Sejumlah personel TNI, sejak Minggu sore hingga Senin (19/8/2013) pagi masih berada di lokasi Lapas pascarusuh berujung pembakaran. Beberapa di antaranya tampak istirahat dan tidur di rumah-rumah warga sekitar Lapas Labuhan Ruku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com