Senin, 1 September 2014

News / Regional

Kebakaran Hebat di Bandung, 15 Rumah Ludes

Minggu, 18 Agustus 2013 | 18:06 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Api membakar perumahan warga di Jalan Durman, Gang Darsa dan Gang Jayadi RT 06/RW 05, Keluarahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, ludes dilalap api, Minggu (18/8/2013) sore. Api berkobar hampir dua jam dan melalap 15 rumah warga.

Saksi mata mengatakan, api terlihat muncul sekitar pukul 14.30. Api baru bisa dipadamkan pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi dua orang terluka.

"Semuanya 15 rumah. Rata, ludes semua. Dugaan sementara karena konsleting listrik," kata Kepala Dinas Kebakaran Kota Bandung Hikmat Ginanjar di lokasi kejadian.

Kepala Polsek Andir Komisaris Janter Nainggolan mengatakan, api berasal dari rumah Ketua RT 06, Kisas Sofyan. "Kebetulan rumah Pak RT itu sedang kosong. Pak RT dan keluarganya sedang bermain tenis di luar. Warga tiba- tiba mencium bau kabel dari rumah Pak RT itu. Terjadilah kebakaran dan merembet ke seluruh rumah," katanya.

Pantauan Kompas.com, warga berjibaku memadamkan api dengan peralatan sederhana. Sebelas mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung diterjunkan ke lokasi.

Seorang kakek Sodik dan seorang nenek luka ringan karena terkena api. Mereka langsung ditolong oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Selain itu, seorang petugas PLN terjatuh karena terpeleset ketika mematikan arus listrik. Hingga berita ini diturunkan proses pendinginan masih berlangsung.


Penulis: Kontributor Bandung, Rio Kuswandi
Editor : Laksono Hari Wiwoho