Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Lapas Baru di Jabar Optimal September

Kompas.com - 17/08/2013, 21:31 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Untuk menangani masalah over kapasitas, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhuk dan HAM) Jawa Barat tengah mempersiapkan tujuh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) baru.

Kepala Kanwil Kemenhuk dan HAM Jawa Barat I Wayan K Dusak mengatakan, tujuh lapas baru tersebut akan dibangun di Gunung Sindur sebanyak 2 lapas, 1 lapas di Warung Kiara, 1 lapas di Banjar, 1 lapas di Garut, dan 1 lapas anak.

"Saya targetkan pada bulan September 2013 sudah bisa maksimal," terangnya di Lapas Wanita Sukamiskin Kota Bandung, Sabtu (17/8/2013).

Dusak menjelaskan, saat ini di Jawa Barat terdapat 29 lapas dan rutan dengan jumlah penghuni mencapai 13.671. Padahal, kata dia, jumlah maksimal yang mampu ditampung seluruh Lapas dan Rutan di Jawa Barat hanya sekitar 10 ribu orang.

"Di lapas baru rata-rata mampu menampung sekitar 200 orang," jelasnya.

Selain menambah lapas baru, Kemenhuk dan HAM Jawa Barat juga telah mengusulkan kepada kantor pusat untuk melakukan renovasi di lapas lama. Hal itu dilakukan agar kapasitasnya bisa bertambah.

"Yang ada sekarang kita optimalkan. Misalnya, yang tadinya satu lantai kita buat dua lantai," tuturnya.

Selain itu, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi permasalahan over kapasitas adalah dengan cara memanfaatkan pengurangan masa hukuman dan kesempatan berasimilasi yang diberikan pemerintah pusat sepert cuti mengunjungi keluarga (CMK), pembebasan bersyarat (PB), dan cuti menjelang bebas (CMB) "kita akan optimalkan itu," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com