Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran: Kami Sekarang Hidup Susah

Kompas.com - 17/08/2013, 18:28 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Martje Engkol (74), veteran perintis kemerdekaan tak mampu berdiri saat mengheningkan cipta dilaksanakan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Sabtu (17/8/2013).

Dia hanya bisa terduduk sambil mengusap air matanya yang terus jatuh selama hening cipta dilaksanakan.

Seusai upacara, kepada Kompas.com Martje menuturkan bahwa dirinya teringat apa yang telah dilaluinya selama ini. "Saya ingat teman-teman perjuangan saya dulu. Mereka telah lebih dulu pergi (meninggal). Kemerdekaan itu yang kami perjuangannya," ujar Martje sambil terbata.

Martje yang datang bersama suaminya Jan Rompas (83), beserta sekitar 300 veteran lainnya diundang oleh panitia untuk mengikuti upacara bendera.

Menurut Jan, walau sudah berusia lanjut tetapi mereka bangga masih menjadi bagian dari peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan.

"Walau kami harus naik angkutan umum ke sini, tapi kami setiap tahun harus datang, ikut upacara," ujar Jan dengan bangga.

Jan dan Martje mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan mereka. Mereka mengakui memang menerima tunjangan dari pemerintah.

"Tapi sekarang hidup susah, kami serba kekurangan. Semestinya pemerintah lebih menghargai jasa-jasa kami sebagai pejuang," ungkap Martje.

Upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Indonesia yang ke-68 di Sulawesi Utara sendiri berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan berarti. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Sulut SH Sarundajang. Upacara juga dihadiri seluruh unsur pejabat provinsi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com