Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran Sophia Sumilat Berusia 1 Abad di HUT Ke-68 RI

Kompas.com - 17/08/2013, 14:52 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Dengan mengenakan kebaya berwarna putih, Sophia Sumilat menarik perhatian peserta Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Jumat (17/8/2013).

Betapa tidak, bertepatan dengan peringatan HUT Ke-68 RI, Sophia, yang merupakan anggota Veteran Perintis Kemerdekaan, ini tepat berusia 100 tahun atau satu abad.

Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang ketika menyampaikan sambutan dalam ramah-tamah bersama anggota Legiun Veteran RI (LVRI) Sulawesi Utara mengatakan sangat bangga kepada Sophia.

"Jarang ada orang yang bisa mencapai usia setua itu, apalagi Sophia merupakan seorang perintis kemerdekaan. Kami semua bangga," ujar Sarundajang.

Menurut Sarundajang, umur panjang yang dianugerahkan Tuhan bagi Sophia menjadi pembawa semangat bagi generasi saat ini.

"Seharusnya nilai-nilai perjuangan yang melekat dalam diri Sophia dan para anggota veteran lainnya bisa menjadi motivasi bagi kita semua," tambah Sarundajang.

Sophia yang lahir pada 17 Agustus 1913 di Desa Tolok, Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa, ini dianugerahi delapan anak dengan 30 cucu, 46 cece, dan 6 cicit.

Walau telah berusia satu abad, Sophia masih sanggup berdiri dan mendengar dengan baik. "Saya bersyukur masih bisa melihat bendera merah putih kembali berkibar. Kami dulu berjuang agar kita semua merdeka," ujar Sophia kepada Kompas.com.

Usai upcara peringatan detik-detik kemerdekaan, Sophia bersama anggota LVRI lainnya mendapat bingkisan tali kasih dari Gubernur Sulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com