Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Garut Upacara di Atas Rakit

Kompas.com - 17/08/2013, 13:29 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com — Ratusan warga Kampung Kiara Lawang, Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, menggelar upacara bendera dalam rangka HUT Ke-68 Kemerdekaan RI di atas rakit di Situ Bagendit, Sabtu (17/8/2013) pagi.

Rakit bambu seluas 30 meter persegi diisi oleh puluhan orang yang terdiri dari para sesepuh desa, perangkat desa, grup paduan suara, dan pasukan pengibar bendera. Sementara ratusan warga, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, berdiri rapi di bibir situ sesuai urutan RT/RW masing-masing.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. Tujuannya untuk menanamkan jiwa nasionalisme, khususnya kepada generasi muda, sekaligus mengenalkan wisata Situ Bagendit," kata Nandang S, ketua panitia.

Seluruh biaya dan persiapan upacara di Situ Bagendit itu, kata Nandang, dilakukan secara swadaya oleh warga Kiara Lawang. Para petugas upacara berasal dari siswa SD, SMP, dan SMA Karya Muda yang berlokasi di Kampung Kiara Lawang.

Dari pantauan Kompas.com, upacara di atas rakit tersebut berjalan secara khidmat meski sempat diwarnai insiden ketika anggota Paskibra berjalan mendekati tiang bendera.

Rakit yang dipijak sempat tenggelam semata kaki lantaran beban yang tidak seimbang. Namun, posisi rakit kembali normal setelah grup paduan suara di sisi kiri rakit bergeser sedikit ke pinggir.

Sementara itu, salah seorang warga, Rosida (45), mengaku senang dengan kegiatan tersebut dan berharap dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. "Begini bagus, tahun depan maunya terus ada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com