Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

613 Napi Lapas Kediri Punya Hak Pilih di Pilgub Jatim

Kompas.com - 16/08/2013, 19:48 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Para penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kediri, Jawa Timur, mendapatkan pelatihan pencoblosan untuk gelaran Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Wali Kota yang berlangsung secara bersamaan pada 29 Agustus 2013 nanti. Hal itu untuk memastikan mereka menyalurkan hak pilih.
 
Mereka mendapat penjelasan tentang mekanisme pencoblosan secara langsung dari para anggota Komisi Pemilihan Umum setempat di aula Lapas, Jumat (16/8/2013). Selain penjelasan tersebut, para narapidana itu juga diajak dalam simulasi pencoblosan.
 
Pada gelaran pilkada nanti, total jumlah pemilih di Lapas yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto itu tercatat ada 613 orang. Dari jumlah itu, 77 di antaranya juga mempunyai hak suara untuk Pemilihan Wali Kota.
 
"Jangan sia-siakan hak suara anda. Dan ingat, ada azas namanya Luber, langsung umum bebas rahasia. Jadi, jangan sampai orang lain tahu apa pilihan saudara-saudara sekalian," kata Zainal Arifin, Komisioner KPUD saat menjelaskan kepada para narapidana.
 
Kepala Lapas Kediri, Agus Irianto mengatakan, pihaknya mengupayakan sepenuhnya agar warga binaannya tetap mendapatkan hak pilih. Dari hasil koordinasinya dengan pihak KPU, saat pilkada nanti akan ada dua tempat pemungutan suara khusus di Lapas yang ia pimpin itu.
 
"Setelah dengan perjuangan kita, akhirnya dapat dua TPS. Warga binaan harus dapat hak pilihnya," kata Agus Irianto.
 
Pada Pilgub Jatim nanti, ada empat pasangan calon yang bersaing, sedangkan pada Pemilihan Wali Kota Kediri terdapat tujuh pasangan calon yang berlaga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com