Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Rebut 25 Persen Suara di Jatim, Nasdem Gembleng 650 Saksi

Kompas.com - 16/08/2013, 12:23 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 650 calon saksi Partai Nasdem mendapat pendidikan dasar sejak Rabu (14/8/2013) dua hari lalu di Surabaya. Mereka dipersiapkan khusus untuk mengawal suara partai dan caleg Nasdem saat Pemilu 2014 mendatang.

Pendidikan dasar angkatan pertama untuk Barisan Reaksi Cepat Garda Pemuda Partai Nasdem itu diinstrukturi oleh sejumlah purnawirawan militer.

"Mereka digembleng fisik dan mental, serta pengetahuan politik agar tahan terhadap tekanan saat berada di tempat pemungutan suara," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Tedjo Edhi, Jumat (16/8/2013).

Selain itu, utusan kader muda dari 38 kabupaten/kota di Jatim itu juga dibentuk untuk memiliki jiwa nasionalisme, menjalin rasa persatuan dan kesatuan serta kerukunan antaranggota Garda Pemuda seluruh Jatim.

Untuk Jatim sendiri, dia menargetkan 200 ribu kader muda yang disiapkan sebagai saksi, namun jika tidak terealisasi, jumlah yang ada akan dioptimalkan khususnya di lokasi TPS yang diprediksi sebagai pendulang suara dan TPS rawan kecurangan.

"Polda Jatim kemarin sudah memetakan TPS yang rawan, kami nanti akan jadikan acuan," tambahnya.

Meskipun terbilang partai baru, kata Tedjo, Partai Nasdem memiliki target serius memenangkan 25 persen suara di Jatim. Sementara untuk pileg, pihaknya menarget masing-masing dua kursi di masing-masing dapil untuk DPRD Jatim dan DPR RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com