Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AJI Makassar Peringati 17 Tahun Kematian Udin

Kompas.com - 16/08/2013, 00:50 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Memperingati 17 tahun terbunuhnya Fuad Muhammad Syarifuddin yang biasa disapa Udin, wartawan Bernas, sejumlah wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar malam renungan, Kamis (15/8/2013) malam.

Di mata para awak media, Udin merupakan sosok jurnalis yang kerap menulis berita-berita kontra Pemerintah di era Presiden Soeharto. "Kasus pembunuhan Udin akan kadaluarsa pada 15 Agustus 2014," ujar Ketua AJI Makassar, Gunawan Mashar.

Udin dipukuli di kediamannya di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 13 Agustus 1996. Akibat penganiayaan tersebut, Udin menghembuskan nafas terakhir pada 16 Agustus 1996.

Siapa pelaku pemukulan dan auktor intelektual di balik penyerangan itu tak kunjung terkuak. Sementara Dwi Sumadji yang sempat ditahan dengan tuduhan pelaku pembunuhan Udin, dibebaskan pengadilan karena tak ada cukup bukti yang mengaitkannya dengan kasus tersebut.

Selain itu, Mashar juga menyampaikan penanganan beberapa kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di Sulawesi Selatan pun berhenti di tengah jalan. Gelaran acara AJI ini berlangsug di bawah jembatan layang di perempatan tol dan Jalan AP Pettarani, Makassar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com