Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat SMS, Pendaki Rusia Mengaku Dengar Azan dan Kendaraan

Kompas.com - 15/08/2013, 05:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Wisatawan asal Rusia, Ehbrehnin Yevgeny (26), yang tersesat saat mendaki Gunung Merapi pada Selasa (12/8/2013) pukul 19.55 WIB mengirim pesan singkat bahwa dia mendengar azan dan bunyi kendaraan.

"Survivor (mengirim) SMS ke HP temannya (Ester) kalau dia bisa mendengar azan dan suara kendaraan," kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Pristiawan, Rabu (14/8/2013) malam. Dia mengatakan, Ester dalam pesan singkat balasan diminta menulis agar Yevgeny tak beranjak dari tempatnya saat itu karena tim SAR akan mendekati lokasi keberadaannya.

"Dari SMS itu kami coba tentukan titik duga keberadaan survivor, dan tadi jam 11.00 WIB tim yang menuju ke sana bisa kontak suara, namun sekali lagi dia (survivor) bergerak," papar Pristiawan. Menurut dia, tim yang melakukan kontak suara dengan survivor sudah meminta Yevgeny tak bergerak. Namun, diduga karena disorientasi, diketahui Yevgeny kembali bergerak.

Sementara itu, Komandan SAR DIY Brontoseno mengatakan akan mengoptimalkan pencarian selama tujuh hari ke depan. Untuk mempercepat pergerakan, ujar dia, mulai Selasa (13/8/2013) telah didirikan kemah di wilayah Jantungan. "Semoga secepatnya survivor bisa kami temukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com