Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Karnaval Budaya Kendal Dimeriahkan Kesenian Lima Daerah

Selasa, 13 Agustus 2013 | 17:00 WIB
k9-11 Seniman Kendal saat latihan untuk karnaval
KENDAL, KOMPAS.com - Lima daerah meramaikan karnaval budaya di kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang digelar pada tanggal 18 Agustus 2013 mendatang.

Lima daerah itu, adalah Magelang , Kabupaten Temanggung, Purbalingga, Purworejo dan sukoharjo. Perwakilan daerah-daerah tersebut akan tampil dengan kesenian daerahnya masing masing.

Menurut salah satu panitia karnaval budaya, Kunarto, Magelang menampilkan Topeng Ireng, Kabupaten Temanggung menampilkan kesenian Bangilon, Purbalingga menampilkan kesenian Kentongan, Purworejo menampilkan kesenian Dolalak dan Sukoharjo menampilkan kesenian Kebo Kinol.

Lima kesenian dari lima daerah itu, bersama-sama dengan kesenian asal Kendal akan tampil bersama di depan Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti. “Lima daerah itu kami undang khusus, untuk meramaikan karnaval budaya,” kata Kunarto, Selasa (13/8/2013).

Kunarto menjelaskan, karnaval budaya digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kendal ke 308 dan Hari Kemerdekaan RI. “Sebenarnya hari jadi Kabupaten Kendal pada tanggal 28 Juli. Tapi karena bertepatan dengan hari puasa, maka diundur tanggal 18 Agustus,” ungkapnya.

Kunarto menambahkan, selain menampilkan kesenian daerah dari 20 kecamatan yang ada di Kendal, karnaval budaya juga akan dimeriahkan dengan carnival batik yang melibatkan 175 orang, tari Wira pertiwi yang melibatkan 30 pemain, dan pasukan kuda.

Ketua Dewan Kesenian Kendal, Itos Budi Santoso, mengatakan bahwa diundangnya lima daerah di Jawa Tengah untuk menampilkan kesenian daerahnya agar terjalin silaturahim antardaerah dan juga demi meriahnya acara.

Itos berharap, semuanya bisa berjalan lancar dan cuaca mendukung. “Ada ribuan masyarakat yang menyaksikan. Semoga tidak hujan,” kata itos.

Itos mengaku, saat ini segala persiapan sudah dilakukan. Mulai dari persiapan tempat, penampil dan pendanaan. “Untuk penampil, sekarang sedang latihan dan sudah 80 persen jadi,” tambahnya.

Penulis: Kontributor Kendal, Slamet Priyatin
Editor : Glori K. Wadrianto