Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Ketinggalan, Pasien RSJ Turut Ramaikan HUT RI

Kompas.com - 13/08/2013, 16:44 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Tidak ingin ketinggalan dalam merayakan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-68, pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ratumbuisang Manado ikut berbagai lomba yang digelar oleh pihak rumah sakit.

"Ini sudah menjadi agenda rutin kami yang dilaksanakan setiap tahun jelang perayaan Proklamasi Kemerdekaan," ujar Direktur RSJ Ratumbuisang, dr Jemmy Lampus kepada Kompas.com, Selasa (13/8/2013).

Berbagai lomba seperti bulu tangkis, bola voli, lari kelereng, serta lomba kesenian diikuti oleh pasien yang masih bisa dikontrol oleh perawat. Alhasil, gelak tawa mewarnai kegiatan lomba tersebut akibat ekspresi yang yang ditunjukkan oleh peserta lomba yang memang merupakan pasien sakit jiwa.

Namun, apresiasi patut diberikan karena dengan semangatnya mereka berusaha menjadi yang terbaik. "Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rehabilitasi mental untuk membangitkan semangat patriotisme mereka. Di samping itu, sebagai wadah untuk merekatkan tali persaudaran antara pasien dengan seluruh tenaga medis dan staf yang ada di Ratumbuisang," tambah Lampus.

Saat ini, RSJ Ratumbuisang menampung sebanyak lebih dari 200 pasien sakit jiwa dengan tenaga medis lebih dari 300 orang. RSJ Ratumbuisang menjadi satu-satunya rumah sakit rehabilitasi mental di Sulawesi Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com