Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Bali Dibuka Akhir Agustus

Kompas.com - 13/08/2013, 08:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan tol Bali yang menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan Nusa Dua, diharapkan bisa dibuka pada akhir Agustus 2013 ini. Pengoperasiannya dilakukan setelah Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan jalan tol ini laik untuk digunakan.

”Saat ini, pembangunan fisik jalan tol itu sudah selesai. Sekarang jalan itu sedang diperiksa kelaikannya, apakah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Mudah-mudahan akhir Agustus bisa selesai,” kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk David Wijayatno.

Gani Akman, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), di Jakarta, Senin (12/8/2013), mengatakan, pemeriksaan dilakukan dari administrasi hingga fasilitas jalan tol. ”Jalan tol ini harus siap melayani pengguna. Oleh karena itu permukaan jalan, marka, gardu, patroli, dan sebagainya juga harus siap,” kata Gani.

Jalan tol Bali sepanjang 12,7 kilometer ini juga dapat dilalui sepeda motor. Namun, sepeda motor disediakan jalur khusus. Jalan tol yang sebagian besar berbentuk jembatan ini dibangun untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada Oktober 2013 nanti.

Cikampek-Palimanan

Mengenai jalan tol yang menghubungkan Cikampek-Palimanan saat ini, boleh dibilang telah selesai pembebasan lahannya. ”Masih ada pemilik lahan yang belum melepas lahannya, tetapi untuk kasus-kasus seperti ini, kami konsinyasikan ke pengadilan. Nanti pemda setempat yang bertugas untuk mengosongkan lahan-lahan yang terkena pembebasan proyek jalan tol ini,” kata Gani.

Tentang kemungkinan jalan tol ini dipakai untuk arus mudik tahun depan, Gani mengatakan, kemungkinannya masih kecil.

”Jalan tol ini kami prediksikan selesai awal tahun 2015. Jika dipercepat untuk arus mudik tahun 2014, rasanya tidak bisa. Pada saat ini pembangunan fisik jalan tol baru mencapai 4 persen,” ujar Gani. (ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com