Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Ganjar Bakal Jadi Pesta Rakyat

Kompas.com - 12/08/2013, 19:09 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pelantikan Gubernur terpilih Jawa Tengah 2013-2018 Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko direncanakan akan menjadi pesta rakyat.

Meski pelantikan akan dilakukan di dalam ruangan Gedung Berlian kompleks DPRD Provinsi Jawa Tengah, di luar gedung akan dipasang layar lebar agar masyarakat bisa melihat langsung.

Pelaksana Tugas Ketua DPRD Provinsi Jateng Rukma Setyabudi mengatakan direncanakan juga akan didirikan panggung dengan berbagai makanan tradisional. Diharapkan pelantikan ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Pokoknya pesta rakyat," ujarnya, Senin (12/8/2013).

Pelantikan akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dengan dihadiri sedikitnya 800 tamu undangan dari berbagai kalangan. Tamu undangan tersebut merupakan seleksi dan ruangan hanya muat sekitar 800 tamu. 

Pelantikan direncanakan akan dimulai pukul 08.30 WIB pada 23 Agustus mendatang. Diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk upacara pelantikan.

Terkait dengan anggaran, Sekretaris DPRD Jawa Tengah Priyo Anggoro mengatakan anggaran yang akan digunakan maksimal Rp500 juta.

"Anggaran yang disiapkan memang sebanyak Rp1 miliar, tapi yang akan digunakan maksimal Rp500 juta, ada pemotongan 50 persen," jelasnya.

Pemotongan anggaran itu merupakan respon dan masukan dari Ganjar yang meminta pelantikan dilakukan secara sederhana. Ia menambahkan secara umum persiapan sudah hampir final. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait seperti Polda Jateng, Dishubkominfo Jateng, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjaga pelantikan agar berjalan sesuai rencana.

Ganjar juga sempat mengaku tidak keberatan jika pelantikan akan dilakukan di luar atau di dalam gedung. Hanya saja ia berharap masyarakat bisa turut merasakan dan melihat langsung prosesi pelantikan tersebut.

"Banyak yang minta diundang dan yang akan datang saat pelantikan, saya berharap itu bisa difasilitasi," ujar Ganjar kala itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com