Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.663 Pemudik dengan 1.205 Motor Diangkut KM Dobonsolo

Kompas.com - 12/08/2013, 17:34 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sebanyak 2.663 pemudik dengan 1.205 sepeda motor diangkut dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo.

Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi pemudik sepeda motor yang dapat diangkut menggunakan kapal laut agar dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.  

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit, Senin (12/8/2013), melepas keberangkatan KM Dobonsolo yang dikemudikan kapten kapal JY Adrianus Alwie di Pelabuhan Tanjung Emas pukul 16.00 WIB.

Kapal itu akan menempuh perjalanan selama 14 jam menuju Jakarta. Bobby mengungkapkan, jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta lebih sedikit ketimbang saat berangkat mudik dari Jakarta.

Hal itu disebabkan jadwal kepulangan yang lebih santai ketimbang keberangkatan ke kampung halaman. Tahun ini, ada empat kapal yang tersedia untuk para pemudik sepeda motor, yaitu KM Dobonsolo, dua kapal cadangan dari PT Pelni serta kapal TNI Angkatan Laut KRI Banda Aceh. 

"Dari tahun ke tahun diharapkan semakin banyak pemudik sepeda motor yang diangkut. Saat ini sudah sekitar 6.000 pemudik yang diangkut dengan kapal laut. Jumlahnya masih jauh lebih sedikit dibanding jumlah pemudik motor yang mencapai 1 juta orang. Setidaknya, kami berharap ini membawa dampak untuk mengurangi kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya," kata Bobby. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com