Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Pilgub, Gubernur Jatim Cuti 2 Minggu

Kompas.com - 12/08/2013, 16:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi mengambil cuti untuk mengikuti kampanye Pemilihan Gubernur Jatim, mulai Senin (12/8/2013). Soekarwo, yang merupakan calon petahana dan berpasangan dengan wakilnya, Saifullah Yusuf, cuti selama dua pekan.

Dia menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Rasiyo untuk menjadi petugas Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jatim. Rasiyo, kata Soekarwo, sudah lima tahun menjabat Sekdaprov Jatim. Dia yakin, Rasiyo akan mampu menjadi Plt Gubernur Jatim selama dua pekan.

''Tapi, selama menjadi Plt, Rasiyo tidak diperkenankan mengambil kebijakan yang bersifat strategis,'' kata Soekarwo, Senin (12/8/2013).

Karena itu, ada beberapa tugas yang terpaksa dia ambil alih sendiri, seperti menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kemerdekaan RI di Gedung Negara Grahadi pada 17 Agustus nanti serta pelantikan Bupati Lumajang yang diagendakan pada 26 Agustus nanti.

Soekarwo yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jatim pada pilgub tahun ini akan mempertahankan kursi gubernur Jatim tetap bersama wakilnya, Saifullah Yusuf.

Pasangan dengan nomor urut 1 ini mendapatkan mayoritas dukungan partai parlemen dan partai non-parlemen. Pasangan petahana ini akan bertarung meraih simpati warga Jatim dengan tiga pasangan lainnya, yakni pasangan independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang diusung PDI Perjuangan, dan Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja yang diusung PKB dan lima partai non-parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com