Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2013, 22 Pemudik Tewas di Jalanan

Kompas.com - 12/08/2013, 11:57 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com — Selama mudik Lebaran 2013, tercatat 90 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar). Dari kejadian itu, 22 orang pemudik tewas di jalanan dan rata-rata korban mengendarai motor.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulselbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Triwarno Atmojo yang dikonfirmasi Kompas.com, Senin (12/8/2013), mengungkapkan, sebanyak 90 kasus kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran 2013 dan 60 kasus di antaranya pengendara motor. Dari jumlah kasus itu, 22 orang tewas, 30 orang mengalami luka berat, dan 65 orang mengalami luka ringan.

"Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas tahun ini mengalami penurunan sampai 30 persen. Penurunan angka kecelakaan ini setelah dibandingkan dengan mudik tahun 2012 dengan 2013 di H+2. Kalau dulu sebanyak 120 kasus, sedangkan tahun ini 90 kasus dengan kerugian materiil yang ditimbulkan mencapai Rp 360 jutaan," katanya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar Kombes Polisi Endi Sutendi yang dikonfirmasi mengatakan, dalam Operasi Ketupat 2013, kasus kriminal sepanjang mudik Lebaran terjadi sebanyak 28 kasus.

Adapun kasus kriminal yang menonjol selama mudik Lebaran ialah pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan penganiayaan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com