Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Dievakuasi dari Pulau Palue

Kompas.com - 11/08/2013, 13:10 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Ribuan warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dievakuasi keluar dari pulau itu, menyusul letusan Gunung Rokatenda pada Sabtu (10/8/2013), dan menyebabkan tiga orang meninggal dan dua lainnya hilang.

Evakuasi warga itu dilakukan dengan menggunakan kapal-kapal motor milik masyarakat dan dibantu kapal milik TNI Angkatan Laut, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Tini Tadeus, Minggu (11/8/2013).

Ia mengemukakan hal itu, berkaitan upaya penyelamatan terhadap warga Pulau Palue, menyusul letusan Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka.

Letusan dasyat yang terjadi pada sekitar 04.00 Wita itu, juga mengakibatkan hujan abu menutupi di tiga desa terdekat yakni Desa Tuanggeo, Rokirole dan Nitunglea, Kecamatan Palue.

"Belum ada data pasti mengenai jumlah warga yang sudah dievakuasi maupun keluar sendiri dari Pulau Palue untuk mengungsi, tetapi diperkirakan sudah mencapai ribuan orang, karena proses evakuasi sudah berlangsung sejak Sabtu," katanya.

Dia mengakui proses evakuasi tidak bisa berlangsung cepat karena selain masih ada warga yang enggan meninggalkan kampung halaman. Selain itu pelayaran dari Pulau Palue menuju ibukota Kabupaten Sikka membutuhkan waktu sekitar tujuh jam.

"Memang ada speed boat yang lebih cepat. Hanya butuh 3-4 jam bisa tiba di Pulau Palue, tetapi disiagakan untuk menangani hal-hal yang  darurat," katanya.

Menurut dia, warga yang sudah dievakuasi maupun yang meninggalkan kampung halaman sendiri, saat ini menempati transito di Kota Maumere dan sejumlah lokasi di Kabupaten Ende.

"Lebih banyak di Maurole, Ropa, Haewora dan Dondo, wilayah di pantai utara Flores, Kabuoaten Ende. Wilayah-wilayah ini menjadi pilihan karena jaraknya lebih dekat dengan Pulau Palue," katanya.

Gunung Rokatenda merupakan gunung berapi komposit (stratovolcano) yang pernah meletus pada 2 dan 3 Februari 2013.

Gunung Rokatenda atau juga disebut Gunung Paluweh adalah sebuah gunung api yang terletak di Pulau Palue, sebelah utara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gunung yang bertipe strato itu merupakan lokasi tertinggi di Pulau Palue dengan ketinggian 875 mdpl. Gunung ini secara geografis terletak di koordinat 121° 42’ bujur timur dan 8° 19’ lintang selatan.

Letusan terhebat terjadi pada 4 Agustus-25 September 1928, yang sebagian besar terjadi karena tsunami menyusul gempa vulkanik. Penduduk Palu’e saat itu sebanyak 266 jiwa.

Letusan terakhir terjadi pada tanggal 23 Maret 1985 dengan embusan abu mencapai 2 km dan lontaran material lebih kurang 300 meter di atas puncak.

Setelah 20 tahun (1985--2005) senyap, pada tanggal 16 Januari 2005, Rokatenda kembali menunjukkan aktivitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com