Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Jokowi di Solo, dari Terima Tamu sampai Jenguk Mantan Anak Buah

Kompas.com - 10/08/2013, 11:12 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memiliki acara yang cukup padat ketika mudik ke Solo, Jawa Tengah.

Pada hari ketiga Lebaran, Sabtu (10/8/2013), pria yang akrab disapa Jokowi itu masih sibuk menerima kunjungan keluarga dan kerabat di rumah ibundanya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi berangkat untuk bersilaturahim ke keluarga mertuanya di daerah Turisari, Solo. Puluhan wartawan dari berbagai media pun mengikuti mobil Grand Livina yang membawa Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan hari ini dia akan menjenguk Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Solo, Budi Suharto. Mantan anak buahnya saat menjadi Wali Kota Solo itu kini tengah sakit. "Ya nanti kita sowan dulu di beberapa sesepuh lalu juga mau jenguk Pak Sekda," katanya.

Seperti diberitakan, Jokowi baru pulang ke Solo pada Jumat (9/8/2013) atau hari kedua Lebaran. Dia tiba di rumah ibundanya sekitar pukul 21.15 WIB.

Jokowi sempat mengutarakan alasan baru sempat pulang kampung pada hari kedua Lebaran.

"Setelah shalat Id di Jakarta lalu ada agenda yang mendesak dan harus dilaksanakan, jadi mudiknya ditunda dulu. Agenda muter-muter kampung dulu lah, lalu baru pulang ke Solo," kata Jokowi.

Setiba di rumah Solo, Jokowi melakukan sungkem kepada ibundanya, Sudjiatmi, di hadapan kerabat dan saudaranya. "Sebagai bukti hormat kepada orangtua adalah dengan sungkeman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com