Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Hujan Terus Mengguyur, Dumoga Terendam Banjir 1,5 Meter

Jumat, 9 Agustus 2013 | 13:15 WIB
MANADO, KOMPAS.com - Tiga desa di wilayah Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terendam banjir setinggi satu hingga 1,5 meter, akibat hujan yang terus mengguyur, Jumat (9/8/2013). Ketiga desa tersebut yakni Desa Mogoyungung, Imandi dan Dondomon.

Diperkirakan, ada ratusan hektar sawah yang ikut tergenang air. Wilayah Bolmong terkenal sebagai pemasok utama hasil pertanian sawah di Sulawesi Utara. Banjir tersebut juga memaksa ratusan keluarga, terutama di Desa Imandi harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Hujan turun sejak kemarin sore (Kamis, 8/8/2013) hingga pagi tadi. Akibatnya air mengenangi desa kami dan juga persawahan," ujar Lurah Imandi, M. Kalam.

Menurut Kalam, wilayahnya memang sudah menjadi langganan banjir sejak dulu, Jika hujan turun dalam intensitas tinggi dan cukup lama wilayahnya pasti tergenang banjir.

Saat ini, pemerintah setempat bekerjasama dengan berbagai pihak sedang mengupayakan penanganan akibat banjir tersebut. Sementara itu hujan masih terus turun di sebagian besar wilayah Sulawesi Utara sejak hari pertama Lebaran. 

Penulis: Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol
Editor : Glori K. Wadrianto