Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Wirogunan Terkait Cebongan? Ini Komentar Sultan

Kompas.com - 08/08/2013, 11:10 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X tak bisa memastikan apakah aksi penembakan di rumah dinas yang berada di belakang asrama Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan, Yogyakarta, Rabu (7/8/2013) malam kemarin, terkait dengan kasus Lapas Cebongan.

Seperti yang diberitakan, saat malam takbiran tengah dirayakan, sekitar pukul 21.45 WIB, seorang karyawan Lapas, Agus Susatyo (43), ditembak oleh dua orang tak dikenal pada bagian punggung hingga tembus ke dada.

"Saya juga tidak bisa menganalisis apakah terkait dengan Cebongan atau tidak," jawab Sultan seusai mengikuti shalat Id di Alun-alun Utara Yogyakarta, Kamis (8/8/2013) pagi.

Namun, menurut Sultan, kejadian tersebut bukan pula bentuk teror. Sebab, korban berprofesi sebagai juru masak. Artinya, kecil kemungkinan Agus tersangkut dengan masalah keamanan. Sultan menduga Agus memiliki masalah lain.

Kepala Polda DIY Brigjen (Pol) Haka Astana menyatakan, pelaku kemungkinan besar telah mengetahui medan. Pasalnya, tempat kejadian perkara (TKP) termasuk daerah tertutup yang buntu.

Haka juga menyatakan belum perlu menurunkan tim khusus untuk mengungkap kasus tersebut. "Bagaimanapun, mereka melakukan hal yang tidak baik. Jadi semoga akan segera bisa diungkap," harap Haka.

"Senjatanya pistol, tapi bukan revolver, karena selongsongnya keluar. Jadi bisa FN, Baretta, atau lainnya. Tapi saya tidak bisa sebut mereknya," sambung Haka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com