Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Toleransi dari Posko Mudik Semarang

Kompas.com - 06/08/2013, 13:36 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Relawan menawarkan posko mudik gratis bagi para pemudik yang melintas di Jalan Sultan Agung, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/8/2013).

SEMARANG, KOMPAS.com
— Mewujudkan rasa toleransi beragama dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Karangsaru yang membuka posko istirahat gratis bagi pemudik di Jalan Sultan Agung, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sejak empat hari lalu komunitas ini membuka posko istirahat bagi pemudik yang melintas. Di posko itu juga disediakan makanan dan minuman gratis.

Kegiatan ini sendiri telah dilakukan enam tahun lalu sebagai wujud kepedulian. Menurut Pendeta Rahmad, kegiatan sosial tersebut bertujuan membangun kepedulian terhadap sesama.

"Dengan kita menyediakan makan serta tempat bersih dan aman bisa membuat para pemudik kembali bugar dan selamat sampai tujuan," ujar Rahmad.

Sementara itu, posko mudik tersebut dapat mewujudkan toleransi kepedulian kemanusiaan dengan sesama. Mereka hadir tanpa sponsor dan seluruhnya murni swadaya dari umat. Aneka makanan ringan hingga mi instan pun disajikan dengan keramahan.

Ridwan dan Santi, pemudik motor dari Jakarta, merasakan manfaat akan hadirnya posko tersebut. "Makanan dan minuman enak semuanya disajikan gratis, sangat membantu pemudik untuk berhemat," ungkap Ridwan.

Sejumlah relawan tanpa henti menawarkan para pemudik yang melintas untuk sekadar mampir. Kegiatan sosial ini sendiri juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Kodam IV/Diponegoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com