Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Lewat Tasikmalaya Mulai Menurun

Kompas.com - 06/08/2013, 07:20 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Jumlah kendaraan pemudik yang melewati jalur Tasikmalaya mulai menurun pada H-2 Lebaran atau Selasa (6/8/2013) pagi.

Sebelumnya sempat terjadi kepadatan kendaraan arus kendaraan dari Bandung melewati Tasikmalaya, dengan tujuan beberapa kota di Jawa Tengah dan Timur.

“Sampai pagi ini tercatat jumlah kendaraan pemudik menurun dibandingkan dengan beberapa hari kemarin. Sampai malam tadi pun jalanan mulai terlihat agak lengang,” terang Kepala Pos Jembatan Timbang Gentong Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Asep Mustofa, Selasa pagi.

Menurut Asep, jumlah kendaraan tercatat sekitar 58.000 kendaraan roda dua dan empat dari arah Bandung melewati Tasikmalaya sejak malam sampai pagi ini. Padahal, akhir pekan kemarin telah terjadi peningkatan kendaraan yang mencapai 72.000 kendaraan.

“Sekarang memang sudah ada penurunan kendaraan. Pada Sabtu dan Minggu kemarin sampai dini hari dan paginya kendaraan masih padat,” ujar Asep.

Jalur Gentong merupakan akses yang digunakan pemudik melalui jalur Selatan Jawa. Pemudik dari arah Bandung, akan melewati Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, sampai ke Cilacap, Jawa Tengah, dan beberapa kota lainnya.

“Diperkirakan puncak arus mudik melalui jalur ini akhir pekan kemarin,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com