Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Cepat Jadi Primadona Pemudik

Kompas.com - 04/08/2013, 16:32 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA,KOMPAS.com - Kapal cepat menjadi pilihan pra pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara. Akibatnya, calon penumpang yang akan menaiki moda transportasi ini membeludak.

Zainuddin, kepala Syabandar Kolaka, Sulawesi Tenggara mengatakan lonjakan penumpang di pelabuhan Kolaka mulai terasa. “Kami siapkan dua kapal dengan masing-masing rute yang berbeda dipelabuhan samudra ini," ujarnya Minggu (4/8/2013).

Adapun dua rute yang disiapkan untuk kapal cepat yaitu Kolaka ke Siwa dan rute Kolaka ke Bajoe. Meski mengalami kenaikan, pihak pelabuhan sejauh ini masih bisa mengantisipasi.

"Untuk rute Kolaka-Bajoe sudah hampir 450 orang penumpang, sementara rute Kolaka ke Siwa lebih dari 260 orang. Diperkirakan, besok hingga H-1 Lebaran jumlah penumpang semakin banyak. Tapi kami sudah mengantisipasi jika terjadi kenaikan jumlah penumpang,” tegasnya.

Di sisi lain, pihak Syabandar Kolaka juga meminta pemilik kapal cepat untuk menyiapkan armada cadangan apa bila dibutuhkan. Akan tetapi sejauh ini hal itu kemungkinan tidak akan direalisasikan, lantaran armada yang ada masih memadai.

"Tapi sepertinya hal itu tidak terjadi, sebab dengan dua kapal ini dalam satu hari kita bisa berangkatkan 700 pemudik lebih. Semua sudah diperhitungkan dan juga kami berupaya memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para penumpang kapal cepat ini,” tambahnya.

Untuk harga tiket, sejauh ini dinilai masih normal. Untuk rute Kolaka-Siwa tarif yang dipatok Rp 200.000 per orang, dan Kolaka-Bajoe Rp 175.000 per penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com