Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Juanda Tambah 252 Penerbangan Domestik

Kompas.com - 04/08/2013, 13:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua pekan sejak H-7 hingga H 7 lebaran nanti, lima maskapai domestik mengajukan 252 tambahan penerbangan (extra flight) ke PT Angkasapura I, Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Kelima maskapai itu menyediakan tambahan penyeberangan untuk rute-rute yang permintaan pasarnya tinggi seperti Jakarta, Balikpapan dan Makassar. Kelima maskapai domestik itu kata General Manajer PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, Trikora Harjo, adalah Citilink Indonesia, Lion Air, Trigana Air, Merpati Nusantara, serta Sriwijaya Air.

"Sementara untuk rute internasional, empat maskapai juga mengajukan 68 penerbangan tambahan," katanya, Minggu (4/8/2013).

Keempat maskapai internasional itu adalah Value Air, China Airline, Cathay Pacific serta Silk Air. Mereka, kata Trikora, juga menyasar rute yang permintaan pasarnya tinggi saat Lebaran seperti, Singapura, Hongkong dan Taipe.

"Maskapai ini kebanyakan mengangkut TKI yang ingin pulang kampung saat Lebaran," tambahnya.

Pihaknya memprediksi, arus penumpang saat mudik Lebaran 2013 melalui bandara tersebut bakal mencapai 905.167 orang dengan jumlah pesawat 6.364 unit, sejak H-9 hingga H 7 Lebaran.

Jumlah itu naik 20 persen dari tahun sebelumnya. Tahun lalu jumlah penumpang saat Lebaran 761.819 jiwa dengan dilayani 6.042 pesawat. Puncak arus mudik di Bandara Internasional Juanda Surabaya diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (4/8/2013) atau H-4 Lebaran.

Pemudik diperkirakan mencapai 57.000 penumpang. Prediksi tersebut karena sebagian besar pegawai kantor memasuki hari libur Lebaran sejak Sabtu (3/8/2013) kemarin.

"Masyarakat ingin lebih awal pulang kampung karena libur setelah Lebaran tidak terlalu lama," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com