Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Puncak Arus Mudik di Bandara Juanda

Kompas.com - 04/08/2013, 09:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Puncak arus mudik di Bandara Internasional Juanda, Surabaya diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (4/8/2013) atau H-4 lebaran. Pemudik diperkirakan mencapai 57.000 penumpang, dan sebagian besar berasal dari rute domestik seperti Jakarta, Makassar, dan Balikpapan.

Menurut General Manajer PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, Trikora Harjo, prediksi tersebut karena sebagian besar pegawai kantor memasuki hari libur lebaran sejak Sabtu (3/8/2013) kemarin.

"Masyarakat ingin lebih awal pulang kampung karena libur setelah lebaran tidak terlalu lama," katanya, Minggu (4/8/2013).

Meskipun tidak signifkan, jumlah pemudik juga disumbang oleh penumpang di rute internasional seperti Singapura, Kuala Lumpur, dan Hong Kong.

"Kebanyakan mereka adalah TKI yang mengambil cuti kerja tepat saat lebaran," tambahnya.

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti TNI-Polri, otoritas bandara, maskapai, Custom, Imigrasi dan Quarantine (CIQ), dan KKP untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang di bandara dengan mendirikan posko mudik sejak H-7 lalu.

PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Juanda memperkirakan arus penumpang saat mudik Lebaran 2013 melalui bandara tersebut bakal mencapai 905.167 orang dengan jumlah pesawat 6.364 unit, sejak H-9 hingga H+7 Lebaran. Jumlah itu naik 20 persen dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu jumlah penumpang saat lebaran 761.819 jiwa dengan dilayani 6.042 pesawat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com