Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Keras Picu Kerusuhan di Lapas Tulungagung

Kompas.com - 04/08/2013, 09:08 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Dalam kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tulungagung mengamuk, Sabtu (3/8), enam narapidana terlibat perusakan. Mereka kemudian dipindahkan ke Lapas Blitar, Kediri, Malang dan Sidoarjo.

Kepala Lapas Tulungagung Muji Widodo, Minggu (4/8/2013) dini hari menjelaskan, provokator kasus ini lagi-lagi Ibrahim alias Budheng, narapidana perkara senjata tajam yang juga pernah merusak pintu sel di Pengadilan Negeri Tulungagung, beberapa waktu lalu.

"Dia memanfaatkan situasi shalat tarawih. Saat beberapa orang shalat tarawih dan menjalani 2 rakaat, Budheng minum minuman keras," kata Muji.

Budheng tidak sendirian, ia mengajak juga belasan narapidana. Setelah shalat tarawih hampir selesai, mereka lantas menjebol pintu blok, kemudian berbondong-bondong ke pintu portir. Namun, hanya 3 narapidana yang bisa sampai menjebol pintu portir, yakni Budheng, Aris dan Debi.

Muji Widodo menegaskan, setelah pintu portir itu, masih ada dua pintu lagi sehingga ketiga narapidana itu masih jauh lagi dari kemungkinan benar-benar bisa kabur. Ia mengakui, saat itu total ada lima sipir yang berjaga.

Begitu mengetahui ada keributan, seorang sipir lantas meminta bantuan polisi. Tak lama kemudian, satu kompi polisi datang dibantu satu kompi tentara. Keributan pun dapat diatasi tanpa satu sipir pun terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com