Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Bus di Bandung, Wajib Cek Kesehatan Setiap Hari

Kompas.com - 03/08/2013, 16:51 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sopir dari bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang baru masuk ataupun akan keluar Kota Bandung, diwajibkan menjalani cek kesehatan di posko kesehatan yang telah disediakan di terminal bus AKAP Cicaheum, Kota Bandung.

"Kita cek seperti tekanan darah, keluhan-keluhan apa yang dia rasakan untuk mengetahui apakah sopir punya penyakit berat atau tidak," kata Kepala Terminal Cicaheum Juju Junaedi di Bandung, Sabtu (3/8/2013).

Menurut Juju, pemeriksaan tersebut juga untuk mengetahui kondisi stamina sopir bus yang akan melakoni perjalanan panjang menuju trayek-trayek seperti Surabaya, Bali dan lain-lain. " Yang baru datang paling hanya kelelahan dan kita anjurkan untuk istirahat," jelasnya.

Jika kedapatan ada sopir yang menderita penyakit berat, Jujun mengaku tidak segan-segan untuk tidak memberi izin memberangkatkan sopir tersebut. "Jangan memaksakan diri, kita harus mengutamakan nyawa orang lain juga," tegasnya.

Kendati demikan, Juju tidak melarang kepada pengemudi bus yang sudah lanjut usia. Asalkan, kata Juju, tetap berhati-hati. "Di sini (terminal Cicaheum) ada dua sopir yang sudah di atas 50 tahun. Tapi, karena pengalamannya jadi tidak ada masalah. Tapi kita juga ingatkan agar berhati-hati, kalau bisa tidak udah mengemudi lagi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com