Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Atasi Tumpahan Solar di Dermaga Ternate

Kompas.com - 01/08/2013, 23:00 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Pertamina (Persero) telah mengatasi tumpahan minyak solar yang ditimbulkan dari rusaknya kapal MT Patriot Andalan dan dermaga akibat ombak besar di dermaga Terminal BBM Ternate. Saat ini Pertamina mulai fokus menyiapkan pemindahan kapal.

"Tumpahan solar telah dilokalisir. Kami juga telah menebarkan oil dispersant, sehingga minyak Solar yang tertumpah telah terurai dan sebagian besar dibersihkan," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir, Kamis (1/8/2013) malam, di Jakarta.  

Saat ini, lanjut Ali, penyelam dari Tim Marine Guard dan Tim Bawah Air (TBA) Pertamina telah mengecek lambung belakang kapal dan hanya menemukan kebocoran pada satu dari 12 kompartemen yang ada pada kapal tersebut. Persiapan perbaikan kebocoran itu sedang dilakukan.

"Setelah itu fokus kami selanjutnya adalah melakukan persiapan evakuasi kapal. Kondisi kapal hanya bagian buritan saja yang terendam air dan kapal tidak tenggelam. Adapun volume minyak solar yang tumpah ke laut diperkirakan tidak terlalu banyak karena kebocoran hanya terjadi pada satu kompartemen sehingga kargo yang tersisa untuk diselamatkan masih besar," ujarnya.

Ali menambahkan, dalam melakukan evakuasi MT Patriot Andalan, tim evakuasi akan memompa air yang masuk ke kapal untuk selanjutnya didorong ke permukaan. Sebagian besar kargo minyak solar dan premium yang berada di dalam kompartemen dalam kondisi aman dan akan dipindahkan ke kapal lain dengan tongkang.  

MT Patriot Andalan merupakan kapal tanker sewa yang dipakai Pertamina untuk mengangkut solar dan premium dari terminal transit BBM Wayame, Ambon menuju terminal BBM Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com