Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Sultra Sediakan Rp 800 Miliar Selama Puasa dan Lebaran

Kompas.com - 01/08/2013, 16:58 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com
 — Untuk kebutuhan puasa dan Lebaran, Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan dana sebesar Rp 800 miliar. Dana tersebut terdiri atas semua uang pecahan mulai dari Rp 100 hingga Rp 100.000.

Kepala BI perwakilan Sultra, Dian Nugraha, menjelaskan, uang sebesar itu untuk persediaan kebutuhan bank dan penukaran uang receh dalam menyambut Lebaran. Pihaknya memprediksi kebutuhan uang masyarakat tahun ini Rp 510 miliar, atau naik sebesar 35 persen dari kebutuhan tahun sebelumnya sebesar Rp 396 miliar.

"Kami menyiapkan dana sebanyak Rp 800 miliar ini untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat bertransaksi memenuhi berbagai kebutuhan dalam bulan Ramadhan dan Lebaran," kata Dian, Kamis (1/8/2013).

Ia memprediksi akan terjadi peningkatan kebutuhan penukaran uang karena menjelang Ramadhan dan Lebaran ada penyaluran bantuan langsung masyarakat sementara (BLSM) dan pembayaran gaji ke-13 pegawai negeri sipil.

Dian melanjutkan, BI memproyeksikan kebutuhan uang pecahan besar sebanyak Rp 400 miliar dan uang pecahan kecil sebanyak Rp 110 miliar.

"Melihat proyeksi kebutuhan uang sebanyak itu Rp 510 miliar dengan ketersediaan dana yang mencapai Rp 800 miliar, masyarakat Sultra tidak perlu khawatir dalam bertransaksi," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dian, dalam memenuhi kebutuhan uang layak edar (ULE), BI Sultra telah melaksanakan kas keliling, baik di dalam maupun luar kota Kendari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com