Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Heli Disediakan untuk Pantau Arus Mudik dari Udara

Kompas.com - 01/08/2013, 16:14 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah helikopter akan disiagakan untuk memantau arus mudik dan balik Lebaran 2013 di Jawa Barat. Helikopter tersebut disediakan dari Mabes Polri 1 unit, Polda Jabar 1 unit dan 4 unit dari Palang Marah Indonesia (PMI).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, penyediaan helikopter tersebut bertujuan untuk memantau arus mudik di jalur perlintasan di Jabar, baik di utara (Pantura), tengah (Sumedang) dan selatan (Nagreg).

"Helikopter disediakan mulai H-7 sampai H+7 untuk memantau arus mudik di perlintasan mudik di Jabar," kata Martinus seusai gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2013 di Lapangan Upacara Mapolda Jabar, Bandung, Kamis (1/8/2013).

Menurut Martinus, helikopter tersebut akan mangkal di daerah Cikopo dan lapangan Mapolda Jabar sebagai persiapan memantau arus mudik dari udara. Laporan hasil pengawasan lewat udara tersebut, akan diinformasikan ke pusat pengendali lalu lintas nasional atau National Traffic Management Centre (NTMC), kemudian disampaikan juga ke RTMC Polda Jabar.

"Dari udara situasi arus mudik dapat diketahui, sehingga jika memang dilaporkan adanya ketidakberesan, petugas bisa langsung terjun ke lokasi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com