Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabanjir, Desa-desa di Ambon Masih Terisolasi

Kompas.com - 01/08/2013, 13:58 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Dua hari pascabencana banjir dan tanah longsor di Ambon, sejumlah desa di Kecamatan Nusaniwe masih terisolasi. Desa–desa tersebut di antaranya, Desa Eri, Seri, Latuhalat, Amahusu, Pintu Kota, dan sejumlah desa lainnya.

Desa-desa ini terisolasi, setelah akses transportasi dari dan menuju desa tersebut terputus total. Di Kecamatan Nusaniwe, tepatnya di sepanjang Desa Latuhalat hingga Amahusu, terdapat 15 lokasi longsor yang menutup badan jalan.

Hingga Kamis (1/8/2013), petugas baru membersihkan tiga lokasi longsoran dengan alat berat, sementara sisanya masih tertimbun material longsor. Petugas dibantu warga bahkan sempat kewalahan membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan di kawasan tersebut.

Akibat kondisi ini, akses transportasi antardesa di Kecamatan Nusaniwe hingga kini masih lumpuh total. Bencana banjir dan tanah longsor juga menyebabkan pepohonan tumbang di kawasan tersebut, dan merusak badan jalan.

Tidak hanya itu, berdasarkan laporan warga, beberapa jembatan juga putus akibat disapu banjir dan tanah longsor. Karena terisolasi, untuk menuju Kota Ambon, warga terpaksa menumpang speed boat.

Diperkirakan, pembersihan terhadap material longsoran masih akan memakan waktu lama, mengingat banyaknya longsoran di kawasan tersebut. Warga Amahusu, Samson Alfons, meminta pemerintah segera memperhatikan kondisi mereka yang saat ini sangat kesulitan.

”Kita mau ke Ambon harus melalui laut, kami minta pemerintah segera atasi persoalan ini,” kata Alfons kepada wartawan di Ambon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com