Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Perekonomian Ambon Kembali Normal

Kompas.com - 31/07/2013, 23:01 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com — Setelah sempat lumpuh total selama sehari akibat banjir bandang, aktivitas perekonomian dan bisnis di kawasan AY Patti, Kota Ambon, Maluku, kembali normal pada Rabu (31/7/2013).

Kawasan AY Patti merupakan salah satu kawasan pusat bisnis dan ekonomi di Kota Ambon. Di kawasan ini terdapat berbagai swalayan, pertokoan, pusat penjualan barang elektronik, hiburan, restoran, dan sejumlah pusat bisnis lainnya.

Saat banjir terjadi, kawasan ini tak luput terendam air. Ketinggian air bahkan mencapai 1 meter. Akibatnya, semua toko, swalayan, dan tempat-tempat bisnis lain di kawasan itu lumpuh total. Aktivitas perekonomian baru kembali normal seperti biasa setelah sejak Rabu pagi tadi.

Sejumlah pemilik toko mengaku terpaksa memilih tutup karena barang-barang dagangannya terendam banjir. "Kemarin banjir masuk hingga ke dalam toko sehingga kita terpaksa tutup," kata Wawan salah satu pemilik toko.

Selain di kawasan Ay Patti, salah satu pusat hiburan di kawasan AM Sangadiji juga lumpuh total. Ratusan pedagang yang membuka lapak di kawasan itu pada malam hari tidak bisa berjualan karena lapak mereka rusak disapu air bah.

Tak jauh dari kawasan AM Sangadji, tepatnya di kawasan jalan Sultan Babullah, juga terdapat banyak lapak pedagang makanan berbuka yang tidak berjualan karena lapaknya rusak. Selain itu, banyak pedagang yang menjadi korban banjir.

Saat ini, meski sudah normal kembali, para pedagang yang terlihat berjualan relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan sebelum musibah banjir terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com