Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Brimob Sisir Jalur KA hingga Siapkan "Sniper"

Kompas.com - 31/07/2013, 16:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Pasukan dari Detasemen C Kompi 1 Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur di Kediri terlibat aktif dalam pengamanan selama pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1434 Hijriah.

Kepala Detasemen C Kompi 1 Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim di Kediri, Ajun Komisaris Suwarno, mengaku telah menyiapkan beberapa tim sesuai spesifikasi masing-masing. Ada tim Search and Rescue, tim penjinak bom, tim penembak jitu, serta tim sterilisasi.

“Mereka akan bertugas mulai H-1 sampai H+7 Lebaran,” kata AKP Suwarno seusai menggelar apel pasukan sekaligus pengecekan alutsista dalam menghadapi Lebaran di Markas Komando Brimob, Jalan Veteran, Kota Kediri, Rabu (31/7/2013).

Tim penjinak bom ataupun tim SAR akan disiagakan di Mako dengan kondisi siap sedia selama 24 jam. Sedangkan para penembak jitu akan ditempatkan pada beberapa titik rawan kriminal di wilayah Kediri.

Sementara tim lain, kata Suwarno, akan mendukung tugas-tugas kepolisian, baik untuk Polres Kediri Kota maupun Polres Kediri Kabupaten. Pengamanan itu dengan sasaran obyek vital negara ataupun pelayanan keamanan masyarakat.

“Teknisnya ada 10 tim patroli, 12 tim tergabung dalam pospam, serta 72 personel untuk pengamanan jalur kereta api,” imbuhnya.

Sedangkan pengamanan jalur kereta api dalam bentuk penyisiran jalur serta pengamanan stasiun. Penyisiran jalur bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan sabotase ataupun kemungkinan terjadinya aksi kriminalitas pencurian kelengkapan rel.

Adapun dalam gelar pasukan itu personel Brimob memperlihatkan kemampuan menembak, kemampuan unit patroli motor, serta unjuk kelengkapan persenjataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com