Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Kendaraan Polisi Kawal Mudik di Jabar

Kompas.com - 30/07/2013, 18:18 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Jawa Barat menerjunkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung pengamanan mudik hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah. Kelengkapan itu antara lain berupa kendaraan dan alat komunikasi.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Martinus Sitompul mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 1 helikopter, 2.766 sepeda motor, 121 truk, 28 ambulans, dan 49 speed boat.

"Juga ada sebanyak 1.261 unit (kendaraan) roda empat untuk patroli seluruh wilayah di Jawa Barat yang dilintasi ribuan pemudik," ujarnya saat ditemui Kompas.com, Selasa (30/7/2013).

Martinus melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan ribuan alat komunikasi, seperti handy talkie, pesawat telepon, dan faksimile, serta ribuan peralatan pengamanan lalu lintas.

Wilayah Jawa Barat merupakan pintu masuk awal para pemudik sebelum terpecah ke kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terdapat tiga jalur yang kerap digunakan pemudik, jalur pantai utara, tengah, dan selatan. Ketiganya memiliki titik rawan kepadatan arus kendaraan masing-masing.

"Berdasarkan data tahun lalu, kita memprediksi ada 17 titik rawan kemacetan di wilayah Jawa Barat. Semuanya ada di tiga jalur itu," lanjut Martin.

Martin menjelaskan sarana dan prasarana yang diturunkan tak lain untuk membantu para pemudik agar sampai ke kota tujuannya dengan selamat.

Oleh sebab itu, ia mengimbau para pemudik agar tak segan melakukan komunikasi dengan petugas di lapangan jika menemui hambatan saat mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com