Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Puluhan Sekolah di Konawe Diliburkan

Kompas.com - 29/07/2013, 20:16 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Puluhan sekolah dari semua tingkatan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, terpaksa diliburkan setelah diterjang banjir sejak dua pekan terakhir.

Dinas Pendidikan setempat mencatat, kerusakan sekolah yang paling parah terjadi di Kecamatan Bondoala. “Di wilayah itu, hampir seluruh sekolah tak bisa lagi digunakan. Selain rusak, sebagian besar masih terendam banjir,” kata Ridwan Lamaroa, Kepala Dinas Pendidikan Konawe, saat dikonfirmasi Senin (29/7/2013).

Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Namun Ridwan masih menunggu hasil inventarisasi dari Unit Pelayanan Teknis Dinas(UPTD) di masing-masing kecamatan untuk mengetahui angak kerugian pasti.

Sementara di Kecamatan Wonggeduku, beberapa SD dan SMP kondisinya tak bisa digunakan lagi. Selain mengalami kerusakan, sekolah-sekolah di kecamatan itu tergenang banjir. Bahkan, jalanan di depan sekolah telah berubah menjadi lalu lintas perahu.

Sebelumnya diberitakan, banjir di Konawe terjadi sejak dua pekan lalu. Bencana ini tak hanya merendam puluhan sekolah, namun juga ratusan rumah warga dan ribuan hektar sawah. Badan jalan transportasi darat juga ikut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar dua meter. Bahkan, air di beberapa kecamatan hingga kini belum juga surut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com