Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Harap Waspadai 9 Ruas Jalan di Sleman

Kompas.com - 29/07/2013, 18:14 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan pemetaan, terdapat sembilan ruas jalan di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, yang diprediksi rawan kemacetan. Yang paling besar potensinya adalah perempatan Jombor, depan Ambarrukmo Plaza, simpang empat Kentungan, perempatan Monjali, dan Jalan Kaliurang.

"Ada sembilan lokasi yang berpotensi rawan macet. Pemudik harus waspada di titik-titik tersebut," ungkap Kepala Satlantas Polres Sleman AKP Ahmad Nanang Wibowo, Senin (29/7/2013).

Lokasi lain yang berpotensi macet adalah pasar tumpah Mlati dan Gamping, serta kawasan candi dan pasar Prambanan. Masyarakat juga diminta mewaspadai daerah rawan kecelakaan, yakni Jalan Magelang, Jalan Wates Km 4 sampai Km 8, ringroad utara, dan Jalan Solo Km 11 sampai Km 15.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas Dishubkominfo Sleman Maryanto mengungkapkan bahwa Dinas Perhubungan DI Yogyakarta menyiapkan tempat peristirahatan bagi pemudik dengan motor selama H-7 hingga H+7.

"Rest area ini ada di tiga titik jembatan timbang, yakni Kalitirto Berbah, Tamanmartani Kalasan, dan Kulwaru Wates," kata Maryanto.

Arus mudik tahun ini diperkirakan akan didominasi kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Bahkan diprediksi, jumlah kendaraan pribadi akan mengalami peningkatan.

"Dari kami sifatnya hanya imbauan agar warga tidak mudik dengan naik sepeda motor. Tapi itu dikembalikan lagi kepada mereka," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com