Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprotes Warga, Alih Fungsi Lapangan Gaswon Dihentikan

Kompas.com - 29/07/2013, 14:52 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Proyek alih fungsi Lapangan Gaswon Wonomulyo menjadi alun-alun Kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihentikan sementara setelah ada protes keras dari berbagai pihak.

Alih fungsi Lapangan Gaswon Wonomulyo, yang selama ini menjadi simbol perekat dan pusat kegiatan masyarakat, dikhawatirkan bisa merusak kohesi sosial yang selama ini sudah terbangun kokoh.

Sejumlah warga lainnya menolak revitalisasi Lapangan Gaswon, yang menelan dana hampir Rp 3 miliar, dengan alasan hilangnya fungsi lapangan bisa merusak interaksi sosial masyarakat yang selama ini hidup rukun dan berdampingan secara damai.

Pada Senin (29/7/2013), Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh bertemu dengan warga dari berbagai kalangan, organisasi sosial, tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di aula Kantor Kecamatan Wonomulyo, Polewali.

Anwar mengatakan, dia memahami alasan dan kekhawatiran warga. Oleh karena itu, Anwar berjanji akan membangun sebuah stadio di Kecamatan Wonomulyo untuk menggantikan fungsi Lapangan Gaswon.

Gubernur berharap Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bisa segera menyediakan lahan tak jauh dari Lapangan Gaswon dan pembangunan itu segera bisa diwujudkan paling lambat akhir 2014.

Anwar mengaku kaget dengan proyek yang telah menelan dana APBN Rp 3 miliar melalui Dinas Pekerjaan Umum. Meskipun mengaku proyek itu tanpa sepengetahuan dirinya, Anwar mengajak semua lapiran masyarakat untuk bisa menerima dan memahami proyek nasional yang sudah setengah jadi itu.

"Dana itu tidak mungkin ditarik lagi," kata Anwar. Solusinya, lanjut Anwar, proyek ini tetap dibiarkan berjalan, sementara Pemerintah Kabupaten dan Provinsi membangun stadion alternatif untuk menggantikan Lapangan Gaswon.

“Kita berharap pembangunan stadion yang lebih representatif ini bisa rampung 2014 mendatang," kata Anwar.

Sekda Polewali Mandar Andi Ismail menyambut gembira solusi yang ditawarkan Pemerintah Provinsi dalam mengatasi kemelut Lapangan Gaswon. Menurut Ismail, Pemkab ini tengah menjajaki sejumlah lokasi yang dinilai paling layak untuk dijadikan lapangan.

“Pemerintah Polewali Mandar sedang mengupayakan penyediaan lahan stadion di beberapa lokasi yang representatif,” ujar Andi Ismail.

Dia menambahkan, meskipun nantinya Lapangan Gaswon berubah menjadi alun-alun warga tetap bisa beraktivitas, seperti olahraga ataupun kegiatan lainnya, di tempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com