Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Wai Ela, Menteri PU Janji Perbaiki Fasilitas Umum

Kompas.com - 28/07/2013, 17:00 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto meninjau lokasi bencana banjir bah di Desa Negeri Lima, Minggu (28/7/2013). Dia berjanji rumah dan fasilitas umum yang rusak akan segera diperbaiki.

Joko mengatakan bahwa bencana tersebut telah menghancurkan ratusan rumah penduduk, sekolah serta sejumlah fasilitas umum lainnya, termasuk jalan dan jembatan, sehingga harus segera diperbaiki. Terkait proses rehabilitasi perumahan warga, dia mengatakan akan mengoordinasikan masalah tersebut dengan kementerian terkait.

"Dinas PU Maluku dan Balai Sungai dan Jalan segera membangun jalan yang rusak sepanjang satu kilo meter sehingga akses transportasi antardesa bisa normal kembali," kata Joko usai meninjau lokasi bencana.

Joko juga berharap para pengungsi diperhatikan dengan baik, khususnya masalah ketersediaan air bersih, dan sanitasi serta kebutuhan lainnya yang sifatnya mendasar.

"Saya minta agar para pengungsi ini dapat benar–benar diperhatikan. Dalam pengungsian itu biasanya masalah air bersih dan MCK yang paling dibutuhkan, saya minta ini diperhatikan," ujarnya lagi.

Dalam tinjauan tersebut, Joko didampingi, Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Bencana Wai Ela, Kolonel Inf, Asep Kurnaidi dan sejumlah pejabat Pemprov Maluku lainnya.

Usai meninjau lokasi bencana, Joko lantas memberikan paket bantuan berupa makanan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya kepada para pengungsi. Ratusan paket bantuan tersebut diterima secara simbolis Asep Kurnaedi di Posko pengungsian Dusun Latan.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com