Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik, Waspadai 14 Titik Rawan Kecelakaan di Kolaka

Kompas.com - 28/07/2013, 11:14 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka dan Dinas Perhubungan Kolaka menetapkan 14 lokasi rawan kecelakaan di tiga jalur mudik di Kolaka, Sulawesi Selatan.

Penetapan itu dilakukan setelah dilakukan pemantauan secara menyeluruh terhadap tiga jalur mudik di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Ketiga jalur mudik itu terdiri dari jalur mudik utara yang menghubungkan Kolaka dengan kabupaten lain serta perbatasan Sulawesi Tenggara-Sulawesi Selatan, jalur selatan (Kolaka dengan wilayah selatan Sultra) dan jalur timur (Kolaka-Kendari). .

Dari hasil pemantauan itu diketahui pula terdapat 11 daerah rawan longsor atau pohon tumbang.

Kasat Lantas Polres Kolaka AKP H Muhajir Almuraj SH mengimbau para pengguna jalan agar berhati-hati mengingat curah hujan yang masih tinggi di wilayah Kolaka. Kondisi ini bisa memicu kecelakaan.

"Monitoring itu kita sudah lalui dan itu tadi titik yang harus diwaspadai, mulai dari daerah rawan laka hingga tanah longsor. Pihak kami juga telah menyebar spanduk peringatan kepada para pengendara. Spanduk itu berisikan imbauan agar berhati-hati. Nah, untuk jalan yang kondisinya rusak berat kita pasang garis polisi agar mudah dikenali pengendara," katanya, Minggu (28/7/2013).

Muhajir menambahkan, Sat Lantas Polres dan Dishub Kolaka telah bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Kita sudah gandeng Dinas PU Kabupaten dan Provinsi untuk antisipasi keburukan yang akan terjadi. Alat berat kita siapkan di daerah yang rawan longsor, begitupun anggota kami berjaga di daerah yang rawan laka (kecelakaan), khususnya jalur di luar kota," papar Muhajir.

Imbauan itu disampaikan pada para pemudik baik itu yang akan keluar maupun yang masuk ke Kolaka. "Sekiranya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya kendaraan dicek dengan benar. Ini di Kolaka curah hujan masih tinggi jadi harus ekstra hati-hati. Terlebih pengendara motor karena saya prediksi arus mudik Lebaran kali ini didominasi oleh kendaraan roda dua," ujarnya.

"Pokoknya kami berusaha mengimbau, menjaga dan menginformasikan para warga yang akan mudik agar berhati-hati," tegasnya.

Muhajir berharap deteksi daerah rawan kecelakaan dan tanah longsor di Kolaka bisa membantu masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com