Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Garut "Ngabuburit" Nonton Bareng Film Islami

Kompas.com - 27/07/2013, 23:22 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Ada banyak aktivitas positif yang bisa dikerjakan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Seperti yang dilakukan puluhan anak-anak di Kabupaten Garut ini. Mereka menunggu waktu berbuka puasa dengan nonton bareng film Islami di Masjid Annur, Kampung Kertasari, Karangpawitan.

Menurut ketua DKM Masjid Annur, Asep Jailani, tujuan "nobar" film Islami ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan agama secara edukatif rekreatif kepada anak-anak.

Kegiatan ini digelar setiap hari Sabtu selama bulan Ramadhan.

"Model-model ceramah tidak terlalu menarik untuk anak-anak. Berbeda melalui tayangan audio visual, anak-anak akan lebih mudah mencerna nilai-nilai agama sambil menikmati ceritanya. Dengan menyentuh emosional mereka, pesan-pesan agama akan sampai," kata Asep, Sabtu (27/7/2013) sore.

Film yang diputar cukup beragam, mulai dari film-film tentang kisah para nabi, kisah para sahabat nabi dan eksiklopedi Islam.  Sesekali juga disisipkan film tentang lingkungan.

Salah satu anak yang ikut "nobar", Mulia (10) mengaku senang dengan kegiatan ini. Siswa kelas enam SD ini mengaku tak pernah melewatkan acara nobar ini setiap Sabtu.

"Senang, bisa tahu sejarah nabi, ilmu pengetahuan dan peradaban Islam, sejarah-sejarah. Hari ini kisah nabi Musa yang diputar," ucapnya.

Nobar film Islami di Masjis Annur merupakan salah satu dari segudang kegiatan yanng dirangkai dalam pesantren Ramadhan.

Sebanyak 93 anak, lanjut Asep, mengikuti kegaitan setiap harinya sejak jam dua siang.

"Kegiatan dimulai jam dua siang. Berbeda-beda setiap harinya. mulai dengan belajar Alquran, kaligrafi, tajwid, fiqih, doa-doa harian, dan khusus sabtu ditambah pemutaran film Islami," tambah Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com