Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyala 24 Jam, Lampu Jalan Boros Energi

Kompas.com - 26/07/2013, 16:39 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com — Kampanye hemat energi yang dicanangkan pemerintah sepertinya tak banyak berpengaruh. Di Pinrang, Sulawesi Selatan, misalnya, daya listrik diboroskan, lampu jalan Gunung Bawakaraeng terus menyala selama 24 jam sejak berbulan-bulan lalu.

Pemandangan yang terlihat pada Jumat (26/7/2013) siang, di kawasan itu, titik-titik lampu jalan yang masing-masing menggunakan energi ratusan watt terus menyala. Warga di sekitar jalur ini juga sepakat menyebutnya sebagai tindak pemborosan energi.

Syahrir, salah seorang warga Jalan Gunung Lompo Battang yang letaknya tak jauh dari rumah jabatan Bupati Pinrang, mengaku menyaksikan kondisi ini sejak lebih dari dua bulan lalu.

“Sudah dua bulan lebih lampu-lampu jalan di jalur ini menyala siang malam. Setiap hari pejabat dan petugas PLN melintas di tempat ini, tapi tak ada yang peduli,” tutur Syahrir.

Syahrir meyakini, para pejabat termasuk pegawai PLN setempat kerap melintas dan menyaksikan lampu-lampu menyala siang dan malam di jalur ini. Namun, hingga kini pemborosan energi listrik itu tetap saja berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com