Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pasangan di Pilkada Garut Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

Kompas.com - 25/07/2013, 12:07 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut menetapkan 10 pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pilkada Garut 2013. Penetapan seluruh pasangan yang telah menjalani tes kesehatan dan verifikasi administrasi tersebut diumumkan setelah rapat pleno di KPUD Kabupaten Garut, Selasa (23/7/2013) pukul 23.35 WIB.

Ketua KPUD Garut Aja Rowikarim mengatakan, Pilkada Garut 2013 merupakan pemecah rekor di Jawa Barat atau Indonesia sebagai Pilkada yang diikuti pasangan calon terbanyak, yakni 10 pasangan calon.

"Pendaftarnya sendiri 27 pasangan dari perseorangan dan partai. Setelah dilakukan verifikasi dukungan dan administrasi, tersisa 10 pasangan yang akan ikut dalam Pemilukada Garut 2013," kata Aja saat ditemui seusai memimpin rapat pleno di kantor KPUD Kabupaten Garut tersebut.

Aja mengatakan, 10 pasangan calon ini dapat dipastikan telah memenuhi seluruh persyaratan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Hal ini didasarkan pada Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012.

Aja mengatakan, sebelumnya terdapat permasalahan pada ijazah yang dimiliki satu calon bupati dan satu calon wakil bupati. Namun, setelah diverifikasi secara menyeluruh, sekolah asal masing-masing calon dapat mempertanggungjawabkan keaslian ijazah tersebut.

"Mengenai kabar bahwa ada calon yang memiliki ijazah palsu, silakan buktikan di pengadilan jika memang ada yang punya ijazah palsu. Didasarkan pada PKPU Nomor 9 Tahun 2012, tidak ada yang punya ijazah palsu di sini," kata Aja.

Dari 10 pasangan tersebut, 6 di antaranya diusung oleh partai politik dan 4 pasangan lainnya merupakan pasangan calon dari jalur independen atau perseorangan.

Dari jalur partai politik, pasangan yang dipastikan mengikuti Pilkada Garut 2013 adalah pasangan Agus Hamdani-Abdusy Syakur yang diusung PPP dan PKB, pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman yang diusung Gerindra, PKS, dan PBB, pasangan Memo Hermawan-Ade Ginanjar yang diusung PDI-P dan Golkar, pasangan Saeful Anwar-Serli Besi yang diusung PAN dan Hanura, Ahmad Bajuri-An An Kusmardian (Ananda George) yang diusung Partai Demokrat, serta pasangan Nadiman-Holil Aksan Umarzen yang diusung 20 partai nonparlemen.

Selain itu, terdapat empat pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen yang lolos verifikasi berkas dukungan dan administrasi, yakni pasangan Dede Kusdinar-Endang Suryana, Sirojulmunir-Iwan Suwarsa, Yamin Supriatna-Dadan Ramdani, dan Dedi Suryadi-Deddy Supriyadi (Deddy Dores).

Selanjutnya, KPUD Kabupaten Garut akan menggelar pengundian nomor urut pasangan calon pada Kamis (25/7/2013). Adapun masa kampanye akan digelar pada 22 Agustus sampai 4 September 2013 dan pemungutan suara dilangsungkan pada 8 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com