Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Parsel Musiman di Garut Mulai Bermunculan

Kompas.com - 24/07/2013, 12:56 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com — Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah, para pedagang parsel musiman di Garut, Jawa Barat, sudah mulai bermunculan. Salah satu yang bisa dijumpai adalah toko parsel Neng yang ada di Jalan Cimanuk, Garut.

Toko musiman ini sudah buka pada hari ke-10 Ramadhan. "Buka sejak kemarin hari ke-10 (Ramadhan) dan rencana tutup H-3 Lebaran. Saya sewa tempat ini Rp 6 juta," kata Olivia (33), pemilik toko parsel Neng, Rabu (24/7/2013) siang.

Menurut perempuan asal Tasikmalaya ini, omzet penjualan parsel tahun ini diprediksi meningkat lantaran berkurangnya pesaing.

"Meski kondisi ekonomi lesu gara-gara BBM naik, saya masih optimistis bisa meraup untung besar tahun ini. Saya sudah survei, yang jualan cuma tiga tempat (tahun ini)," jelasnya.

Berbeda dengan tahun lalu, harga jual parsel di toko parsel Neng tahun ini berkisar Rp 100.000 sampai Rp 300.000. Ada tiga paket parsel yang dijual, yakni makanan, barang pecah belah (keramik), dan kombinasi makanan dan keramik.

"Kulakannya dari Bandung. Kan sudah mahal semua, Mas. Kalau tahun kemarin sih kita masih ada yang paketan lima puluh ribuan. Tapi kalau belinya partai besar, bolehlah kita kasih diskon," tambah Olivia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com