Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Keluhkan Macetnya Air PDAM Selama Ramadhan

Kompas.com - 17/07/2013, 20:44 WIB
Kontributor Padang Sidempuan, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com — Puluhan kepala keluarga (KK) di Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar, Sumatera Utara, mengeluhkan distribusi air bersih ke rumah mereka macet selama bulan Ramadhan.

“Sudah seminggu ini air ke rumah dan ke masjid macet. Bahkan dalam beberapa hari terakhir tak mengalir sama sekali,” kata Haji Saiful, pengurus Masjid As Sholeh, Jalan Bola Kaki, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar, Rabu (17/7/2013).

Akibatnya, kata Haji Saiful, kebutuhan air warga baik untuk mandi cuci kakus termasuk kebutuhan air di masjid selama bulan Ramadhan menjadi terganggu.

Saiful menambahkan, keresahan warga disikapi manajemen PDAM Tirtauli dengan memasok air bersih menggunakan mobil tangki. Setiap hari ada dua mobil tangki disiapkan perusahaan milik Pemko Pematangsiantar ini untuk memenuhi kebutuhan warga di Kelurahan Banjar.

Menurut Haji Saiful, distribusi air bersih ke rumah-rumah warga yang memang berada di dataran yang lebih tinggi, macet jika musim kemarau terjadi seperti saat ini. “Kalau musim penghujan, air mengalir dengan lancar,” katanya.

Pengamatan Kompas.com, warga terpaksa menggunakan beberapa ember untuk menampung air kebutuhan mereka. 

"Terpaksa kami tampung pakai ember. Diantar satu-satu ke rumah. Sudah seminggu ini kayak begini," kata seorang warga Jalan Bola Kaki yang menampung air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com